Bagaimana Membuat Blog

Thursday, August 6, 2009

Membuat Blog Di Blogspot
Dalam membuat blog cukuplah mudah dan simple dan yang perlukan untuk membuat Blog adalah harus sudah mempunyai email itu saja. jika sudah mempunyai email dapat digunakan untuk membuat Blog, untuk membuat blog bisa di wordpress, blogspot dan blog lainnya.
Dalam pembuatan blog akan menggunakan blogspot dan saya anggap anda sudah mempunyai email jika belum mempunyai bisa membuat email lebih terlebih dahulu.
sebagi catatan dalam membuat email saya sarankan lebih baik menggunakan email dari gmail karena dalam pembuatan blognya akan lebih cepat proses.

Langkah-langkah membuat blog adalah:
Langkah pertama
Masukan alamat tempat untuk membuat blog yaitu www.blogger.com akan tampil web dari blogger
Kemudian Klik Buat Blog maka akan di tampilkan fomulir pendaftaran

Langkah Kedua
Lalu masukan data-datanya seperti
  1. Alamat email
  2. ketik ulang alamat email
  3. Masukan sebuah password minimal 8 karakter
  4. Ketik ulang password
  5. Masukan nama tampilan
  6. Verifikasi kata masukan karakter yang tampak
  7. Berikan tanda centang pada Penerimaan Persyaratan
jika sudah terisi semua, klik LANJUTKAN akan tampil gambar berikut

Langkah Ketiga

Masukan judul blog dan alamat blog


Keterangan
Judul Blog : sebagai contoh "aku ingin membuat sesuatu" atau yang lainnya
Alamat Blog (URL) : misal http//maubuat.blogspot.com, ketika memasukan alamat blog harus di cek apakah sudah digunakan apa belum.

jika sudah terisi klik LANJUTKAN maka muncul tampilan untuk menentukan template.

Langkah kempat
Pilih salah satu template untuk desain blogger anda. Setelah dipilih klik LANJUTKAN maka akan tampil blog yang anda buat sudah jadi.





Langkah kelima
Blog yang anda buat sudah jadi dan anda bisa melanjutkan proses Bloging silahkan klik
Mulai Bloging maka anda sudah bisa memulai Bloging dan melakukan aktivitas seperti menulis artikel dan lain-lain. ketika klik MULAI BLOGING maka akan muncul tampilan seperti berikut:
jika anda masukan tulisan atau ketikan sembarang lalu klik Terbitkan Entri dan bisa dilihat hasilnya di Lihat blog. jika belum ingin ditampilkan klik Simpan Sekarang.

catatan :
karena dalam pembuatan tutorial ini saya menggunakan email melalui yahoo, sebaiknya cek email yahoo anda karena BLOGGER akan mengirimkan email ke alamat email anda yang berisi anda diminta untuk melakukan verifikasi. Misalnya seperti gambar berikut :
Jika anda sudah melakukan verifikasi akan muncul pesan dari google sebagai berikut :
keterangan
  1. Artinya dengan pesan tersebut jika anda tidak melakukan verifikasi maka blog anda walaupun sudah jadi tapi tidak bisa login ke BLOGGER.
  2. tapi langsung secara otomatis karena BLOGGER merupakan satu paker dengan GOOGLESebagai solusinya ya anda harus melakukan verifikasi secepatnya agar blog anda bisa digunakan. Lain halnya jika anda membuat emailnya dengan GMAIL anda tidak diminta untuk verifikasi.
Semoga informasi ini dapat membantu anda terimaksih

0 comments: