Istilah Mobile & Komunikasi

Thursday, August 6, 2009

3G
High Speed packet Access (HSPA) adalah kumpulan standar jenis protokol yang digunakan pada teknologi mobile phone, dan merupakan bagian pengembangan teknologi UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) atau yang lebih dikenal dengan sebutan teknologi third-generation (3G). Termasuk di dalamnya HSPA adalah standard High-Speed Dowlink Packet Access (HSDPA) dan High-Speed Uplink Packet Access (HSUPA)

UMPC
awalnya, Ultra-Mobile PC (UMPC) mengacu pada proyek Origami, yang dipelopori oleh Microsoft, Intel, dan Samsung untuk sebuah tablet PC berukuran ringkas. Variasi berikutnya dari konsep UMPC ini adalah Mobile Internet Device (MID) yang dikembangkan oleh intel. Namun, istilah UMPC makin berkembang penggunnannya, mengacu pada sebuah mobile PC yang ringkas, biasa denganukuran layar tidak lebih besar dari 10 inchi.

OLED
Organic Ligth-Emitting Diode (OLED) memiliki kesamaan dengan dengan light-emitting diode (LED), yaitu pada kemampuan memancarkan cahaya yang kemudian di tangkap oleh lapisan film, dari bahan organik. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan polymer, berisi bahan organik tersebut. Bahan organik tersimpan dalam baris dan kolom, membentuk matriks, yang dapat menampilkan warna yang berbeda untuk masing-masing pixel. OLED dapat digunakan sebagai layar televisi, display monitor PC, juga display pada perangkat portable (PDA, mobile phone, dan seterusnya). Keuntungan utama OLED dibandingkan dengan LCD adalah, OLED tidak memerlukan tambahan sinar backlight agar tampilan dapat terlihat oleh mata manusia.

0 comments: