Istilah-istilah Komputer

Thursday, August 6, 2009

BIOS
Singkatan dari Basic input output System. Dalam sistem komputer x86, BIOS menunjuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, Post), memuat dan menjalankan OS, mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer), membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services. BIOS juga menyediakan interface komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti Keyboard)

eSATA
External SATA (eSATA) adalah pilihan interface terbaru untuk media penyimpanan eksternal. Diperkenalkan pada tahun 2004, awalnya untuk pilihan interface media penyimpanan eksternal hanya FireWire atau USB. Namun kedua interface tersebut mengakibatkan bottle neck pada kemampuan transfer, selain brigde yang digunakan menyebabkan fungsi SMART pada harddisk tidak dapat dimanfaatkan. eSATA dapat mengatasi semua kendala tersebut.

FTP
FTP atau File Transfer Protocol adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan (file) komputer antarmesin-mesin dalam Sebuah internetwork FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download, dan upload berkas-berkas komputer antar klien FTP dan server FTP. Sebuah klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah windows service atau daemon yang berjalan diatas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.

Hardware Failure
Interupsi yang ditimbulkan oleh kegagalan daya atau kesalahan paritas memori

ISP
Internet Service Provider adalah perusahaan yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau akses internet melalui jaringan telepon. Sekarang dengan perkembangan teknologi, ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber Optic dan wireless.

Java
Bahsa pemgrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer, termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems, dan diterbitkan tahun 1995. Bahasa pemrograman java pertama lahir dari the Green Project yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.

Kernel
Suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Read Speed
Kecepatan transfer data, saat melakukan proses read. Pada kebanyakan media menyimpan read speed lebih cepat dibandingkan dengan write speed.

Torrent
Perangkat lunak yang memungkinkan pengguna komputer mendistribusikan sebuah dokumen ke pengguna yang lainnya melalui internet. Program ini dikembangkan oleh Bram Cohen dengan menggunakan bahasa program Pyton, dan diperkenalkan pada referensi CodeCon di tahun 2002. Lisensi program ini, sejak versi keempat, tunduk pada BitTorrent Open Source License yang merupakan modifikasi dari Jabber Open Source License.

Write Speed
Kecepatan transfer data, saat melakukan proses write. Pada kebanyakan media penyimpan, read speed lebih cepat dibandingkan dengan write speed.

0 comments: