Sejarah Weblog

Monday, August 3, 2009

Menurut sejarah yang tercatat di dalam wikipedia, istilah weblog diperkenalkan atau lebih tepatnya dipakai pertama kali oleh John Barger pada tahu 1997. Istilah ini disempurnakan lagi oleh Peter Merholz di tahun 1999 yang menyebut isitilah "we blog" menjadi "weblog". Sekarang, weblog lebih dikenal menjadi "blog". Istilah ini mengacu pada website diary online yang ditulis oleh siapa pun dan ditujukan untuk semua orang.
Dalam sejarahnya, salah satu pioner weblog adalah Xanga yang pada tahun 1997 memiliki koleksi sekitar 100 weblog saja. Dalam perkembangannya di tahun 2005 Xanga telah memiliki lebih dari 50 juta weblog yang terdaftar. Blog menjadi lebih jauh populer ketika dua orang dari Pyra Labs, yaitu Evan Williams dan Meg Hourihan menciptakan situs khusus para pembuat blog bernama Blogger.com yang kini diakuisis oleh google. Sampai saat ini, Blogger masih banyak dipakai dan menjadi pesaing kuat Wordpress.

Jenis-Jenis Blog
Walaupun istilah blog lebih mengacu pad diary online, tapi blog itu sendiri memiliki beragam bentuk karena masing-masing orang punya metode yang berbeda dalam mengungkapkan isi hatinya.

General Blogs
Blog yang paling lazim karena orang akan menemukan content atau isi dalam bentuk teks atau mayoritas berbentuk teks, tapi para blogger tetap melibatkan file foto, gambar, video, serta animasi, biasanya digunakan untuk komunikasi visual atau hanya untuk mempercantik tampilan blog itu sendiri.

Photo Blogs
Disebut pula dengan isitilah Phlogs. Di dalam Phlogs isi dari dari contentnya sebagian besar dalam bentuk foto dan bentuk yang ditampilkan berupa media visual maka orang yang datang pada phlogs lebih terfokus. biasanya yang menggunakan phlogs ini adalah para pencinta photografi dan mereka sering membagikan foto-foto mereka miliki lewat phlogs ini. sebagai contoh photo blogs yang paling berpengaruh saat ini adalah photoblogs.org yang dimiliki Brandon Stone. Selain itu para Photo Blogger ini memilih situs gratisan lainnya menampung foto-foto mereka seperti di flickr, SmugMug, dan picasaWeb yang dikembangkan oleh google.

Mobile Blogs
Disebut juga dengan istilah Moblogs. Di sini, media yang dipakai untuk membuat dan mengakses blog bukan dengan komputer, tapi melalui mobile device seperti PDA atau ponsel, Moblogs memang tidak memiliki popularitas seperti jenis lain karena disebabkan sangat tergantung pada jenis ponsel atau PDA.

Audio Blogs
Audio blogs sering dimanfaatkan oleh para musisi untuk men-sharing musik atau rekaman mereka secara online. Dalam menyimpan musik biasanya dalam format MP3 yang secara umum dapat diterima oleh segaala platform komputer. Selain MP3 juga menggunakan format AAC atau OGG yang memiliki kualitas setara.

Video Blogs
Sering disebut dengan isitilah vlogs. Vlogs ini digunakan untuk men-sharing-kan pendapat atau ide-ide dalam bentuk video yang disimpan dalam berbagai format. Di negara berkembang vlogs memang kurang populer karena keterbatasan koneksi internet.

sumber : seri penuntun praktis membuat blog

0 comments: